Firmware Brandcode B4S

Diposting pada

Firmware Brandcode B4S merupakan salah satu bahan utama yang wajib dimiliki oleh pengguna yang hendak melakukan flash ulang android Brandcode miliknya.

Penggunaan firmware tersebut biasanya hanya dilakukan oleh pengguna yang sedang mengalami kerusakan sistem (software) pada perangkat yang digunakan, walaupun begitu, tak sedikit pula yang menggunakan firmware ini untuk melakukan Upgrade maupun Downgrade sistem android mereka.

Seperti yang kita tahu, bahwa kerusakan sistem android yang biasa kita jumpai adalah kasus bootloop, wifi tidak berfungsi, hang, aplikasi force close, blank bahkan masalah yang paling ditakutkan yaitu matot (mati total).

Maka dari itu solusi terbaik jika Anda mendapat masalah seperti diatas, adalah memperbaikinya dengan cara melakukan flashing ulang pada HP android tersebut, dan tentunya untuk melakukan flash ulang, Anda akan membutuhkan beberapa file khusus yang dibutuhkan, yaitu Firmware original sesuai tipe ponsel dan alat (tool) untuk melakukan proses flashing.

Namun jika Anda pengguna HP merek Brandcode B4S, disini saya sudah menyediakan firmware untuk HP tersebut, dan dapat digunakan pada Brandcode B4S seri MT6572/MT6580, apalagi status firmware ini sudah tested, alias 100% worked saat digunakan untuk melakukan proses flash ulang.

Download Firmware Brandcode B4S

Untuk melakukan download pada stock ROM Brandcode B4S terbaru, silahkan gunakan link dibawah ini dan sesuaikan dengan seri yang Anda digunakan.

Model MT6572

Nama FileMT6572_NAND_alps_B4S_4.4.2_MP.V1.0
Jenis FileScatter File
Ukuran File212 MB
Alat FlashSP FlashTool
Hosted FileGoogle Drive
[download id=”111″]

Model MT6580

Nama FileMT6580_NAND_alps_B4S_4.4.2_MP.V1.0
Jenis FileScatter File
Ukuran File530 MB
Alat FlashSP FlashTool
Hosted FileGoogle Drive
[download id=”112″]
Lihat juga Firmware Advan E1C 3G

Fungsi Firmware

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan diatas, bahwa fungsi penggunaan firmware biasanya hanya untuk melakukan perbaikan pada ponsel yang mengalami masalah pada sistem, namun masih ada juga loh beberapa fungsi yang dapat Anda gunakan dengan file firmware, contohnya adalah:

√ Memperbaiki Kerusakan Pada Sistem Android

Pada fungsi pertama kegunaan file firmware pastinya untuk memperbaiki kerusakan pada sistem android, jadi jika ponsel Anda mengalami kerusakan sistem baik ringan dan serius, Anda dapat menggunakan firmware untuk bahan flashing ulang.

Hampir semua masalah kerusakan sistem (error) pada android bisa diperbaiki dengan cara flashing ulang menggunakan firmware bawaan, seperti kasus bootloop, hardbrick, blank, matot dll .

√ Sebagai Metode Upgrade dan Downgrade

Selain itu, Anda juga perlu tahu jika peran firmware juga sering digunakan oleh pengguna untuk melakukan Upgrade dan Downgrade versi android, seperti yang kita tahu bahwa untuk melakukan Downgrade versi android tidak bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi OTA.

Begitupun sebaliknya, terkadang pada aplikasi OTA pun sangat lama menampilkan versi sistem terbaru yang dapat di install, dan pengguna pun lebih suka menggunakan firmware untuk proses upgrade ponsel yang mereka gunakan.

√ Menginstall Custom ROM

Yang dimaksud menginstall ROM adalah persyaratan pada ponsel sebelum mencoba menggunakan Custom ROM, jika Anda opreker, pasti sudah paham jika ada beberapa Custom ROM yang mewajibkan versi android minimum yang digunakan sebelum mencoba menginstall Custom ROM tersebut.

Seperti contoh jika Anda pengguna ponsel Brandcode B4s, dan ingin menginstall Custom ROM dari AOSP, syarat pertama yang wajib dimiliki adalah posisi firmware Brandcode B4S Anda dalam posisi paling update (terbaru).

Spesifikasi Brandcode B4S

Download Firmware (Stock ROM) Brandcode B4S
Layar4.0 inches, 480 x 800 pixels
Versi Android4.4 Kitkat
Jaringan2G/3G/4G
ChipsetMediaTek, Dual-Core 1.2 GHz
Penyimpanan Internal4 GB
RAM512 MB
Kamera2 MP/5 MP

Cara Flash Firmware Brandcode B4S

Karena disini saya hanya akan membagikan file firmware nya saja, namun rasanya kurang lengkap jika tidak memberikan cara flashing ulang dengan menggunakan firmware diatas, jadi saya hanya akan menjelaskan secara singkat saja step-by-step nya.

  1. Download file Firmware melalui link diatas (pilih sesuai versi yang digunakan).
  2. Ekstrak hasil download menggunakan WinRAR atau 7ZIP.
  3. Buka aplikasi SP FlashTool.
  4. Kemudian pilih tombol “scatter loading file” dan cari file firmware yang sudah Anda download.
  5. Lalu hapus opsi centang pada “Preloader” (jika ponsel dalam keadaan bootloop), jika ponsel matot (mati total) silahkan ceklis saja opsi tersebut.
  6. Kemudian klik tombol “Download“.
  7. Selanjutnya sambungkan HP ke PC dengan mode FastBoot Mode, caranya dengan menekan (tombol power + volume atas secara bersamaan).
  8. Maka secara otomatis proses flashing akan berjalan, dan muncul loading berwarna Merah, Ungu, dan kuning.
  9. Terakhir tinggal menunggu proses sampai selesai (100%).

Jika mengalami error device not found, bisa coba ulangi saat menginstall driver USB, atau dapat menggunakan driver all in one pack yaitu WanDriver.

Demikianlah artikel mengenai file firmware Brandcode B4S terbaru yang dapat digunakan pada seri MT6572 dan MT6580, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih telah membaca, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.